eL.Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar
Vol 9 No 1 (2025): Juni

STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II DI MIS ISLAMIYAH PALANGKA RAYA

Riska, Riska (Unknown)
Hidayati, Sri (Unknown)
Syabrina, Syabrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Sebuah metode utama untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia mereka adalah melalui pengajaran bahasa, yang melibatkan berbagai aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan mereka dalam bahasa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas II di MIS Islamiyah Palangka Raya. 2) mengetahui solusi masalah bagi siswa yang mengalami kesulitan membaca dan menulis di Kelas II di MIS Islamiyah Palangka Raya. 3) mengetahui media pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas II di MIS Islamiyah Palangka Raya. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian lapangan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)/Modul Pengajaran yang telah dipandu oleh Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No. 12 tahun 2024. 2) masalah yang dihadapi oleh siswa yang mengalami kesulitan membaca dan menulis adalah masih ada siswa yang kesulitan mengeja dan membedakan huruf atau masih mengalami kesulitan menulis huruf. Solusi yang diterapkan oleh guru untuk mengatasi masalah membaca dan menulis pada siswa kelas II di MIS Islamiyah Palangka Raya adalah dengan menggunakan metode discovery learning dan pembelajaran membaca dasar. 3) media pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah buku teks dan laptop.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

eL-Muhbib

Publisher

Subject

Education

Description

eL-Muhbib merupakan jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar dengan ISSN Print: 2614-1051, Online: 2716-5019, yang diterbitkan setiap dua kali setahun oleh Prodi S1 PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah sejak tahun 2017 sebagai media informasi dan pembahasan seputar ...