Konteks penelitian ini yaitu rendahnya literasi anak pasca pandemi Covid-19 di SD Negeri 02 Penanggungan Kabupaten Banjarnegara. Mahasiswa Kampus Mengajar 6 dan guru mengusung setoran literasi untuk meningkatkan literasi dan jadi sarana konseling. Permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana peran program setoran literasi dalam membentuk kedekatan emosional guru dan siswa di SD Negeri 02 Penanggungan. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis peran program setoran literasi dalam membentuk kedekatan emosional siswa dan guru di SD Negeri 02 Penanggungan. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Indikator yang dicari adalah kedekatan emosional guru dan siswa melalui dokumentasi, observasi, kuesioner, dan wawancara. Data akhir dianalisis dengan mendeskripsikan dan menelaah nilai kedekatan emosional yang diperoleh untuk menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa kelas VI merasakan kedekatan emosional dengan guru setelah rutin mengikuti setoran literasi. Saran bagi pengajar lain adalah harus mampu mendekatkan diri dengan anak melalui berbagai usaha, misalnya setoran membaca.
Copyrights © 2024