Penelitiantindakankelasiniditujukanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswamaterilompatjauhgayajongkokmelaluipermainan. Setiapsiklusmencakupempattahapanyaituperencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitianinidilaksanakan di SD Negeri Lamsie Aceh Besardengan 28 siswa. Teknik pengumpulan data adalahdengantes, dokumentasi dan observasi. Analisis data mengguanakanteknikanalisisdeskriptifpresentase.Berdasarkanpenelitian dan hasilanalisis yang telahdilakukan, diperolehsimpulanbahwa proses pembelajaranlompatjauhgayajongkokmenggunakanpermainandapatmeningkatkanhasilbelajarSiswaKelasputri VI SD Negeri Lamsie Aceh Besar Hal iniditunjukandenganadanyapeningkatan rata-rata hasilbelajar pada sikluspertamakesikluskedua. Rata-rata hasilbelajar pada sikluspertama 78,51 meningkatmenjadi 84,48. Sedangkandariketuntasanbelajar pada sikluspertamapersentaseketuntasanbelajaryaitu 71,43% masukdalamkategoritinggi dan pada sikluskeduapersentaseketuntasanbelajaryaitu 100% masukdalamkriteria sangat tinggi. Sehinggadapatdisimpulkanpenggunaanpermainankardus dan ban bekas pada pembelajaranlompatjauhgayajongkokdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswabaikdariranahkognitif, psikomotorik dan afektif
Copyrights © 2022