Penelitian ini bertujuan untuk menelaah literatur, menganalisis teks, dan memahami konteks terkait peran keluarga dalam pendidikan Islam. Keluarga merupakan institusi pertama yang memiliki pengaruh signifikan dalam pembentukan karakter, nilai, dan identitas keagamaan anak. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kajian literatur untuk mengungkap pentingnya kontribusi keluarga dalam mendukung pembelajaran Islam, baik secara langsung melalui pengajaran dan keteladanan, maupun secara tidak langsung melalui lingkungan keluarga yang mendukung. Temuan menunjukkan bahwa keluarga memiliki fungsi strategis sebagai pendidik utama dan pertama, sekaligus sebagai pengasuh, pemimpin, dan teladan dalam membentuk moralitas dan spiritualitas anak. Faktor-faktor seperti kualitas pendidikan orang tua, lingkungan sosial, dan ekonomi keluarga memengaruhi efektivitas peran tersebut. Namun, tantangan seperti kesibukan orang tua, perkembangan teknologi, dan lingkungan yang kurang kondusif juga menjadi kendala dalam implementasi pendidikan Islam di rumah. Kajian ini memberikan kontribusi dalam memahami dinamika dan urgensi keterlibatan keluarga dalam pendidikan Islam sebagai upaya membentuk generasi berkarakter Islami yang unggul.
Copyrights © 2025