Batik Kenarie Sukabumi merupakan UMKM yang bergerak di bidang fashion batik, berdiri sejak tahun 2011. Batik Kenarie menjadi pelopor dan pionir Kota Sukabumi sehingga menjadikan batik sebagai budaya serta warisan bangsa yang harus tetap dikembangkan bukan hanya sekedar buah tangan. Batik Kenarie Sukabumi menawarkan batik dengan motif khas Sukabumi seperti Motif Ikan, Motif Penyu dan Motif Cikole. Selama tahun 2023, Batik Kenarie Sukabumi telah menjual sebanyak 816 produk, tetapi dengan penjualan tersebut persentase growth rate Batik Kenarie Sukabumi masih cukup rendah. Hal ini diakibatkan oleh media promosinya yang belum optimal dalam penggunaan tools digital marketing. Media promosi yang dilakukan telah menggunakan tools digital marketing, namun penggunaannya hanya sedikit yaitu Social media dan E-Marketplace. Hal ini juga diakibatkan oleh keterbatasan dalam menangani strategi digital marketing, baik dari jumlah karyawan dan kemampuan dari karyawan Batik Kenarie Sukabumi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode SOSTAC. Melalui metode SOSTAC dapat menyusun strategi digital marketing pada brand Batik Kenarie Sukabumi melalui enam tahapan, yaitu Situation analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, dan Control. Perancangan strategi digital marketing ini berfokus sebagai media promosi produk brand Batik Kenarie Sukabumi dan diharapakan mampu meningkatkan penjualan melalui platform digital serta meningkatkan kinerja pemasaran melalui platform social media sebagai upaya peningkatan kesadaran akan brand Batik Kenarie Sukabumi. Sehingga pada Tugas Akhir menghasilkan rancangan penggunaan tools Social media Optimization (SMO), Content Marketing, Partnership, Video Marketing, Campsite.bio, User Generated Content (UGC), dan E-Marketplace Optimization. Rancangan tersebut kemudian divisualisasikan dengan menggunakan Strategy Map. Kata kunci— Fashion Batik, Digital Marketing, Social Media, E-Marketplace
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025