eProceedings of Engineering
Vol. 12 No. 3 (2025): Juni 2025

Perancangan Produk Hijab Instan Upitpita. Hijab Berdasarkan Preferensi Konsumen Menggunakan Metode Conjoint Analysis

Ainuntasya , Roza (Unknown)
Rohayati, Yati (Unknown)
Wulandari, Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Upitpita.hijab adalah usaha mikro kecil danmenengah (UMKM) hijab yang beroperasi di Tangerang sejak2016, berencana meluncurkan hijab instan yang inovatif untukmemenuhi kebutuhan muslimah yang mengutamakan tampilanyang praktis dan elegan. Metode conjoint analysis digunakandalam penelitian ini untuk merancang produk berdasarkanpreferensi konsumen. Dengan menggunakan survei onlineterhadap 160 orang yang menggunakan hijab instan, limaatribut utama dievaluasi: model, bahan, warna, ukuran, dankualitas jahitan. Hijab instan segitiga atau pashmina model,bahan tencel atau cerutty premium, warna lembut, ukuranstandar, dan kualitas jahitan premium adalah preferensikonsumen. Data dinilai menggunakan skala Likert 1-4 dandiolah dengan SPSS 27.0. Atribut warna dan bahan menjadiprioritas utama dalam menentukan preferensi. Untukmeningkatkan kepuasan konsumen dan meningkatkanpenjualan, Upitpita.hijab disarankan untuk mengeluarkanberbagai produk berdasarkan hasil penelitian untukmeningkatkan posisinya di pasar hijab.Kata kunci—Hijab, Atribut, Conjoint Analysis, PreferensiKonsumen

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...