Upitpita.hijab adalah usaha mikro kecil danmenengah (UMKM) hijab yang beroperasi di Tangerang sejak2016, berencana meluncurkan hijab instan yang inovatif untukmemenuhi kebutuhan muslimah yang mengutamakan tampilanyang praktis dan elegan. Metode conjoint analysis digunakandalam penelitian ini untuk merancang produk berdasarkanpreferensi konsumen. Dengan menggunakan survei onlineterhadap 160 orang yang menggunakan hijab instan, limaatribut utama dievaluasi: model, bahan, warna, ukuran, dankualitas jahitan. Hijab instan segitiga atau pashmina model,bahan tencel atau cerutty premium, warna lembut, ukuranstandar, dan kualitas jahitan premium adalah preferensikonsumen. Data dinilai menggunakan skala Likert 1-4 dandiolah dengan SPSS 27.0. Atribut warna dan bahan menjadiprioritas utama dalam menentukan preferensi. Untukmeningkatkan kepuasan konsumen dan meningkatkanpenjualan, Upitpita.hijab disarankan untuk mengeluarkanberbagai produk berdasarkan hasil penelitian untukmeningkatkan posisinya di pasar hijab.Kata kunci—Hijab, Atribut, Conjoint Analysis, PreferensiKonsumen
Copyrights © 2025