AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka oleh guru matematika SMP; (2) Menganalisis problematika atau kendala yang dihadapi oleh guru matematika dalam implementasi Kurikulum Merdeka; (3) Menganalisis solusi untuk mengatasi problematika atau kendala dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi, melibatkan 7 SMP di Kabupaten Kulon Progo yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan program sekolah penggerak dan sekolah mandiri berubah. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian tersebut didapatkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka oleh guru matematika SMP di Kabupaten Kulon progo telah terlaksana. Faktor penghambat atau kendala yang guru rasakan bersifat eksternal maupun internal. Solusi yang dilakukan guru adalah meningkatkan motivasi peserta didik, saling mendukung antar guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran, serta peningkatan sarana dan prasarana dari sekolah dan pemerintah.Kata kunci: Implementasi, Kabupaten Kulon Progo, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika.
Copyrights © 2025