UMKM dan meningkatkan daya saing mereka di tengah ekonomi digital. Untuk mendukung hal ini, Pemerintah Kota Salatiga bekerja sama dengan INDOMEDIA menginisiasi program Kampung Digital sebagai bagian dari Program SUPER TANGGUH. Program ini hadir untuk membuka akses teknologi digital bagi UMKM, yang diharapkan dapat mendorong kesejahteraan serta memperkuat perekonomian lokal melalui digitalisasi. Penelitian ini berfokus pada menganalisis strategi Public relations dalam membangun Kampung Digital. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta analisis data yang melibatkan proses reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi empat tahap Public relations yang terdiri dari fact finding, planning and programming, taking action and communicating, dan evaluating the problem berhasil menciptakan sinergi antara pemerintah, INDOMEDIA, dan masyarakat untuk menyukseskan program Kampung Digital. Program Kampung Digital ini efektif dalam mendorong inklusi digital, mendukung UMKM, dan menciptakan ekosistem digital yang berkelanjutan di wilayah tersebut. Selain itu, program ini berdampak langsung pada peningkatan pendapatan UMKM lokal yang kini memiliki akses lebih luas untuk memasarkan produk melalui platform digital, meningkatkan keterampilan digitalisasi, serta memperluas jangkauan pasar mereka. Kata kunci : Public relations, Kampung Digital, UMKM
Copyrights © 2024