Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) adalah bagian penting dari kurikulum pendidikan yang menggunakan aktivitas fisik sebagai sarana pembelajaran. Meskipun memiliki peran signifikan dalam mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa, rendahnya minat terhadap kelas PJOK menjadi masalah utama yang mengurangi efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik survei untuk mengidentifikasi alasan di balik ketidakdisukaan siswa terhadap kelas PJOK. Hasilnya menunjukkan bahwa kurikulum yang kurang menarik, kecemasan terhadap aktivitas fisik, pengalaman negatif sebelumnya, perasaan tidak kompeten, dan prioritas akademis yang tinggi merupakan faktor utama yang mempengaruhi minat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi guna meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam kelas PJOK, sehingga mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih efektif dan memberikan manfaat maksimal bagi siswa.
Copyrights © 2022