Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pelayanan terhadap kepuasan konsumen wisata arung jeram Muara Cianten. Perumusan masalah ini mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap kepuasan konsumen wisata arung jeram Muara Cianten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen objek wisata arung jeram Muara Cianten berjumlah 100 orang. Validasi instrumen menggunakan Korelasi Product Moment sedangkan Reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. analisis data menggunakan teknik analisis regresi dengan bantuan program SPSS 27.0, dan hasil penelitian mengetahui Dimensi Pelayanan menunjukkan nilai t hitung sebesar 8,115 dengan nilai signifikansi 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima. Hal tersebut menyimpulkan bahwa Pelayanan (X) mempunyai pengaruh positif terhadap Kepuasan Konsumen (Y).
Copyrights © 2023