Journal of Social And Economics Research
Vol 7 No 1 (2025): JSER, June 2025

PENGARUH HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE (SURVEI PENGGUNA SHOPEE DI PACITAN)

Sabela Ari Maulina (Unknown)
Sumaryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh harga, kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian di Shopee. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel dengan purposive sampling atau pengambilan sampel dengan karakteristik tertentu dengan jumlah 100 sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi dan studi pustaka. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas dan normalitas. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji R2. Hasil penelitian pada uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa semua pernyataan mengenai harga, kualitas pelayanan, promosi dan keputusan pembelian dinyatakan valid karena p-value < 0,05 dan reliabel karena cronbach’ alpha ≥ 0,60. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa semua variabel telah lolos uji multikolinearitas, autokorelasi, heteroskedastisitas dan normalitas berdistribusi normal. Hasil analisis regresi linear diperoleh persamaan Y = 0,290 + 0,415 X1 + 0,140 X2 + 0,327 X3. Hasil uji t menunjukkan bahwa harga, kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Shopee. Hasil uji F diperoleh bahwa model regresi yang digunakan dalam penelitian ini sudah tepat. Hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan besarnya sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 87 % sisanya 13% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social and economic research. Investigated the dynamics of teaching and learning of social education, and social and economic problems in society at the primary, senior, and high education ...