Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji efektivitas permainan pemanasan countingss ball dalam mengembangkan peningkatan kompetensi numerasi siswa kelas V SD Negeri 3 Balong. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) numerasi siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment jenis pretest-posttest one group design. Sampel penelitian berjumlah 21 siswa yang diperoleh dengan pendekatan purposive sampling. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mencakup soal AKM numerasi yang mengukur aspek bilangan, geometri, aljabar, serta data dan ketidakpastian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari 44% saat pre-test menjadi 86% saat post-test. Temuan ini membuktikan bahwa permainan pemanasan countingss ball efektif dan mampu meningkatkan kemampuan numerasi siswa secara signifikan. Oleh karena itu, pendekatan pembelajaran yang menggabungkan unsur fisik dan kognitif seperti ini sangat direkomendasikan dalam pembelajaran pendikan jasmani di sekolah dasar.
Copyrights © 2025