Balai Laboratorium Kesehatan (BLK) Provinsi Kalimantan Tengah merupakan satusatunya pusat rujukan laboratorium kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah. Oleh karena itu dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya senantiasa diarahkan agar memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan. Hasil observasi menunjukan bahwa pada Tahun 2014 jumlah kunjungan konsumen di BLK relative menurun hingga 10 % jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan pendapat para ahli, bahwa kepuasan konsumen merupakan salahsatu faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan konsumen ke pusat pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan tingkat kepuasan konsumen berdasarkan indikator tampilan fisik (Tangible), kompetensi (Competence), kesopanan (Coursty), keamanan (Security) dan indikator kemudahan akses (Accessibility). Penelitian ini menggunakan rancangan observational Study dengan pendekatan survey. Populasi adalah seluruh konsumen Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah pada Tahun 2015, sedangkan sampel adalah konsumen yang berkunjung di BLK pada saat penelitian berlangsung. Teknik penarikan sampling menggunakan metode Accidental Sampling dan data dianalisis secara univariat. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap penampilan fisik BLK adalah 3.12, kompetensi (3.23), kesopanan (3.22),) kemudahan akses (3.15),keamanan (3.26). Sehingga diperoleh rata-rata tingkat kepuasan konsumen BLK Provinsi Kalimantan Tengah pada Tahun 2015 adalah 3,20 pada interval 79,92 yang berarti mutu pelayanan Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah mencapai kategori âbaikâ (B).
Copyrights © 2017