Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis indikator yang paling dominan pada kualitas kerja, komitmen kerja dan penilaian prestasi kerja pegawai negeri sipil dinas pendidikan Propinsi Sumatera Barat dan menguji dan menganalisis pengaruh kualitas kerja dan komitmen kerja berpengaruh terhadap prestasi kerja pegawai negri sipil dinas pendidikan Propinsi Sumatera Barat baik secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan riset lapanga dan riset pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai negeri sipil dinas pendidikan Propinsi Sumatera Barat. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa: 1) Berdasarkan hasil uji F diketahui nilai F hitung variabel kualitas kerja dan komitmen kerja senilai 4,517 yang berarti kualitas kerja dan komitmen kerja berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja. 2) Berdasarkan hasil uji t diketahui nilai t hitung variabel kualitas kerja sebesar 2,076 dan nilai probabilitas yang diperoleh adalah sebesar 0,042 yang lebih kecil dari nilai ? yang digunakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas kerja secara individual berpengaruh signifikan positif terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. 3) Berdasarkan hasil uji t diketahui nilai t hitung variabel komitmen kerja adalah sebesar 2,428 dan nilai probabilitas yang diperoleh adalah sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai ? yang digunakan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komitmen kerja secara individual berpengaruh signifikan positif terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. 4) Berdasarkan koefesien determinasi diketahui pengaruh kualitas kerja dan komitmen kerja terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat sebesar 13,5%. Berarti 86,5% prestasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dipengaruhi oleh faktor selain kualitas kerja dan komitmen kerja
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025