Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media poster dan infografis dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dalam menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa pada siswa kelas IV MI Al Hikmah Kajen. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya ketertarikan siswa terhadap materi PKN yang bersifat normatif dan kurang kontekstual, serta pentingnya pendidikan karakter kebangsaan sejak dini. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media poster pada siklus I meningkatkan ketertarikan siswa, tetapi pemahaman konsep masih terbatas, dengan hanya 60% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus II, setelah ditambahkan media infografis, keterlibatan dan pemahaman siswa meningkat signifikan, dengan 92% siswa mencapai KKM. Selain peningkatan hasil belajar kognitif, siswa juga menunjukkan perubahan positif dalam sikap, seperti toleransi, kerja sama, dan kebanggaan terhadap kebhinekaan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025