Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi adaptasi hewan dan tumbuhan melalui penggunaan media teka-teki silang di kelas V SDN Roja 1. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes evaluasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar dari 60% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan media teka-teki silang dapat membantu siswa memahami materi dengan cara yang menyenangkan dan meningkatkan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, media teka-teki silang dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025