Kondisi geografis di Kabupaten Trenggalek yang didominasi wilayah pegunungan berdampak pada kurang efisiennya pelayanan data kependudukan bagi masyarakat. Upaya yang dilakukan pemerintah daerah salah satunya dilakukan melalui inovasi pelayanan publik. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek sebagai bagian dari pemerintah daerah memanfaatkan konsep e-government melalui aplikasi SIMINAKSOPAL dan program JEMPOL KEREN. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas tentang Inovasi Pelayanan Publik Dispendukcapil Melalui Aplikasi Siminaksopal dan Program Jempol Keren Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi SIMINAKSOPAL dan Program JEMPOL KEREN telah sesuai dengan indikator teori Inovasi Rogers. Relative Advantage, keuntungan yang didapatkan dari inovasi ini yaitu memudahkan pemerintah dalam mencari data administrasi penduduk dan juga memudahkan masyarakat dalam pembuatan data administrasi kependudukan. Compability, kesesuaian inovasi ini dengan inovasi yang sebelumnya dan juga kesesuain dengan kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat kelompok rentan. Complexity, kerumitan untuk SIMINAKSOPAL yaitu jaringan yang tiba tiba eror sedangkan untuk kerumitan JEMPOL KEREN yaitu sulitnya akses menuju lokasi. Triability, uji coba aplikasi SIMINAKSOPAL dilakukan selama 2 bulan sedangkan program JEMPOL KEREN dilakukan dengan uji coba sebanyak 2 kali. Observability, untuk inovasi ini sangat mudah diamati oleh masyarakat karena keunggulanya dan kemudahan yang didapat dari inovasi ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025