Abstrak: : Pembelajaran Sejarah banyak dilakukan Pendidik / guru dengan model pembelajaran yang standar sehingga membuat peserta didik sulit memahami Materi yang telah dijelaskan. Maka dari itu Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Model Pembelajaran Interaktif dan Keterampilan sosial terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 22 Palembang dan Seberapa Efektif kah diterapkan dalam pembelajaran sejarah. Teknik Pengumpulan data dengan Menggunakan metode pendekatan Kualitatif dengan strategi studi kasus, Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran interaktif memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa, keterampilan sosial berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.Abstract: History learning is mostly carried out by educators/teachers with a standard learning model that it makes it difficult for students to understand the material that has been explained. Therefore this research was conducted to find out how the Interactive Learning Model and Social Skills influence the cognitive learning outcomes of students in learning history at SMA Negeri 22 Palembang and how effective is it applied in learning history. Data collection techniques using a qualitative approach method with a case study strategy, data collection techniques utilizing interviews, observation, and documentation. The results showed that the use of interactive learning models influenced students' cognitive learning outcomes, and social skills affected students' cognitive learning outcomes.
Copyrights © 2025