Penelitian ini memiliki tujuan menguji anteseden brand loyalty masyarakat terhadap penerapan layanan tiga rumah sakit berbasis syariah RSUI Klaten, RSUI Cawas dan RSUI Boyolali sehingga dapat ditentukan strategi pemasaran tepat untuk meningkatkan animo masyarakat mempercayai mutu sajian layanan rumah sakit berbasis syariah. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif uji statistik multivariat regresi korelasi. Kebaruan riset memadukan konsep keunggulan bersaing kinerja mutu layanan kesehatan syariah melalui pengaruh Brand Knowledge Islamic Awareness, Brand Knowledge Islamic Cognitive, Brand Trust terhadap Brand Loyalty. Populasi penelitian seluruh masyarakat Klaten yang telah memakai jasa layanan di tiga RSUI. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 36 responden. Tahap akhir penelitian terbentuk model dimana ketiga variabel bebas mampu memengaruhi signifikan brand loyalty dengan brand trust memiliki pengaruh paling dominan. Pihak pengelola RSUI harus mampu terus meningkatkan mutu layanan sehingga semakin kuat brand loyalty masyarakat. Kesemuanya bermuara pada tercipta daya saing masing-masing rumah sakit menjadi RS unggulan untuk menyongsong era pencapaian SDGs melalui daya saing optimal sektor kesehatan di tahun 2045
Copyrights © 2025