Permasalahan inti yang terkait pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di SMAN 2 Banjar. Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata peserta didik yang masih berada di bawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Adapun tujuan yang dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain non- equivalent control group design, serta teknik pengumpulan data melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMAN 2 Kota Banjar pada tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 384 dengan 70 sampel peserta didik, terdiri dari 35 peserta didik kelas eksperimen dan kontrol dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon dan Mann Whitney dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05, diolah dengan program SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 <0,05 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Model pembelajaran Learning Cycle 5E mampu meningkatkan hasil belajar pada kelas eksperimen dan terdapat perubahan signifikan jika dibandingkan dengan model pembelajaran direct instruction. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Learning Cycle 5E, Flashcard K
Copyrights © 2025