Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh konformitas terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya tahun akademik 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif kausal untuk mengetahui pengaruh variabel independen (bebas) dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini yaitu 44 mahasiswa dari Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya angkatan 2022. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data konformitas dan minat menjadi guru diperoleh dari skor angket penelitian yang telah dilakukan. Hipotesis penelitian dihitung dengan menggunakan rumus pearson product moment dengan hasil penelitian nilai t hitung 25,46 dan nilai t tabel 1,993 maka nilai t hitung > t tabel = 25,46 > 1,993, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh konformitas terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diharapkan mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya mempunyai keahlian konformitas yang baik, lebih menyadari pengaruh lingkungan sosial dalam menentukan pilihan karier, dan lebih mengutamakan minat serta potensi pribadi dalam memilih profesi guru. Kata Kunci: Konformitas, Minat
Copyrights © 2025