Jurnal Economic Edu
Vol. 6 No. 1 (2025): Juli

PENGARUH KONFORMITAS TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

sahara, alda (Unknown)
Jaenudin, Riswan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh konformitas terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya tahun akademik 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif kausal untuk mengetahui pengaruh variabel independen (bebas) dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini yaitu 44 mahasiswa dari Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya angkatan 2022. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data konformitas dan minat menjadi guru diperoleh dari skor angket penelitian yang telah dilakukan. Hipotesis penelitian dihitung dengan menggunakan rumus pearson product moment dengan hasil penelitian nilai t hitung 25,46 dan nilai t tabel 1,993 maka nilai t hitung > t tabel = 25,46 > 1,993, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh konformitas terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diharapkan mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya mempunyai keahlian konformitas yang baik, lebih menyadari pengaruh lingkungan sosial dalam menentukan pilihan karier, dan lebih mengutamakan minat serta potensi pribadi dalam memilih profesi guru. Kata Kunci: Konformitas, Minat

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecoedu

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Focus and Scope The Edu Economic Education Journal offers original articles on economic education. This journal aims to publish and disseminate the results of economic education research and studies conducted by researchers, teachers and practitioners of economic education. Edu Economics Journal ...