ABSTRAK Tujuan penelitian untuk melihat bagaimana kepuasan dan beban kerja mempengaruhi kinerja pekerja pada Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan. Populasi penelitian ada 70 pegawai Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan. Tujuh puluh responden dijadikan ukuran sampel untuk penelitian ini, yang menggunakan pendekatan sampling jenuh. Kuesioner merupakan alat yang digunakan dalam metode penelitian kuantitatif untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang cukup besar antara kinerja pekerja dengan beban kerja t = 9,247, ambang signifikansi 0,000 < 0,05. Fakta bahwa nilai t > nilai t tabel dan ambang signifikansi < 0,05 terlihat data tersebut signifikan. Produktivitas karyawan dipengaruhi oleh kepuasan kerja. Mengingat nilai signifikansinya adalah 0,000 dan nilai t adalah 7,347 lebih besar dari nilai t tabel dan tingkat signifikansinya > 0,05, maka hal ini mungkin signifikan. Temuan uji koefisien determinasi menunjukkan R square berjumlah 82,5% atau 0,825. Walaupun faktor-faktor di luar persamaan regresi mempunyai pengaruh terhadap kinerja pekerja (Y), namun sebesar 82,5% variasi beban kerja (X1) serta kepuasan kerja (X2) terhadap kinerja pekerja (Y) dapat dijelaskan. Kata Kunci: Beban Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai.   ABSTRACT The aim of the research is to see how satisfaction and workload influence the performance of workers at the South Sumatra Province Trade Service. The research population was 70 employees of the South Sumatra Province Trade Service. Seventy respondents served as the sample size for this study, which used a saturated sampling approach. Questionnaires are a tool used in quantitative research methods to collect data. The research results show that there is a fairly large correlation between worker performance and workload (t = 9.247, significance threshold 0.000 < 0.05). The fact that the t value > t table value and the significance threshold < 0.05 shows that the data is significant. Employee productivity is influenced by job satisfaction. Considering that the significance value is 0.000 and the t value is 7.347 which is greater than the t table value and the significance level is > (0.05), then this may be significant. The coefficient of determination test results show that the R square is 82.5% or 0.825. Although factors outside the regression equation have an influence on worker performance (Y), 82.5% of the variation in workload (X1) and job satisfaction (X2) on worker performance (Y) can be explained. Keywords : Workload, Job Satisfaction, Employee Performance.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025