Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 1 (2025): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

Persepsi Siswa Kelas VIII SMP Terhadap Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi Melalui Kurikulum Merdeka

Monalisa, Lioni (Unknown)
Hussen, Saddam (Unknown)
Najib, Mochammad Idfani Wahib (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2025

Abstract

Beberapa tahun terakhir, pemerintah mencanangkan Kurikulum Merdeka sebagai pembaharuan kurikulum sebelumnya. Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada guru untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai kebutuhan dan lingkungan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas 8 terhadap pembelajaran matematika berdiferensiasi melalui Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel sebanyak 142 siswa kelas VIII SMPN 4 Jember. Instrumen yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap implementasi Kurikulum Merdeka terlaksana baik dengan persentase pada pembelajaran matematika berdiferensiasi sebesar 72,54%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika is a scientific journal in the field of mathematics education and mathematics. This journal is open to all research approaches. It is published by Universitas Muhammadiyah Jember since March 2016. It provides an academic platform for ...