Kemajuan teknologi amat berpengaruh pada dorongan ke berbagai aktivitas manusia untuk dilakukan dengan cara yang lebih modern, tak tekecuali dalam melakukan sebuah transaksi. Metode pembayaran modern yang mulai ramai dikembangkan saat ini adalah penggunaan dompet elektronik (e-wallet). Dompet elektronik dinilai memiliki banyak kelebihan yang dapat membantu mempermudah aktivitas terkait keuangan. Banyaknya kelebihan yang ditawarkan penyedia layanan dompet elektronik membuat penggunaan dompet elektronik semakin berkembang. Namun, di balik semua kelebihannya, dompet elektronik tentu saja memiliki kekurangan. Berdasarkan kuesioner pra penelitian yang telah disebarkan, dompet elektronik yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat Kota Samarinda adalah DANA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai seberapa puas pengguna DANA dengan aplikasi tersebut. Penelitian ini mengumpulkan sebanyak 271 data responden pengguna DANA di Kota Samarinda. Variabel yang digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna didasarkan pada metode Servqual, yang mencakup tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Setelah melalui proses validasi dan reliabilitas data, analisis dilakukan dengan menerapkan metode Fuzzy Mamdani dalam 4 tahap, yaitu membentuk himpunan fuzzy atau disebut juga proses fuzzifikasi, aplikasi fungsi implikasi, komposisi aturan, dan defuzzifikasi. Diperoleh nilai tingkat kepuasan pengguna DANA dari hasil perhitungan manual dan menggunakan bantuan Matlab R2023a adalah sebesar 81 dimana nilai ini tergolong ke dalam kategori Puas dan Sangat Puas dengan derajat keanggotaan Puas sebesar 0,267 dan Sangat Puas sebesar 0,733.
Copyrights © 2025