AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 3 No. 2 (2025): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

KREATIVITAS GURU DALAM MENGHADAPI HAMBATAN PEMBELAJARAN SISWA DI PUSAT PENDIDIKAN WARGA NEGARA INDONESIA KLANG, SELANGOR MALAYSIA

Nenah, Sephia Nurafiani (Unknown)
Adri, Helmia Tasti (Unknown)
Kholik, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran merupakan aktivitas utama dalam proses pendidikan pendidikan secara rasional di Indonesia didefinisikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan baik untuk diri peserta didik untuk itu sendiri maupun untuk masyarakat bangsa dan Negara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Hambatan pembelajarn serta bentuk kreativitas yang di lakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan pembelajaran siswa di Pusat Pendidikan Warga Negara Indonesia Klang, Selangor Malaysia.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, menggabungkan pendekatan deskriptif dan kualitatif. Observasi di lakukan pada tanggal 15 Juli 2024 dengan menggunakan Teknik pengumpulan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek peneliti ini yaitu dengan melakukan wawancara kepada siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa PPWNI Klang menghadapi tantangan membaca yang menghambat pembelajaran akibat faktor internal, metode pengajaran yang monoton, keterbatasan sumber daya, dan jarak tempuh ke sekolah. Guru berupaya mengatasi hal ini dengan kreativitas seperti kuis interaktif, icebreaking, mengubah materi menjadi lagu, review buku bersama, dan pembelajaran kolaboratif. Namun guru menghadapi kendala seperti siswa yang sulit diatur, rasio guru-siswa yang tidak ideal, serta minimnya sarana dan prasarana

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...