Penelitian ini dilakukan agar mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan membaca pemahaman terhadap kemampuan memecahkan soal cerita matematika pada siswa kelas VI SDN Cibedug 01 tahun ajaran 2024/2025 di Kecamatan Ciawi. Peneliti memilih menggunakan metode kuantitatif dengan desain regresi sederhana. Sedangkan teknik pengumpulan data terdiri dari tes dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI SDN Cibedug 01 yang berjumlah 51 siswa, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian menampilakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan kemampuan memecakan soal cerita matematika pada siswa kelas VI di SDN Cibedug 01. Hal ini dibuktikan pada hasil uji parsial-t dengan perolehan t-hitung > t-tabel yaitu sebesar 4,797 > 2,010. Adapun setiap akumulasi 1% tingkat keterampilan membaca pemahaman, maka nilai kemampuan memecahkan soal cerita matematika akan meningkat sebesar 0,347 dengan arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah bersifat positif. Sementara itu, determinasi signifikansi diperoleh nilai sebesar 32% dan selebihnya sebesar 68% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kemampuan berhitung, media belajar, motivasi siswa, kecerdasan, kesukaran soal dan lain sebagainya.
Copyrights © 2025