AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 3 No. 3 (2025): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENINGKATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA SD NEGERI CIDADAP KADUDAMPIT KABUPATEN SUKABUMI

Rudiantini, Tina (Unknown)
Khusnul Lathifah, Zahra (Unknown)
Efendi, Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pendidikan karakter perlu ditanamkan sejak dini ya$tu sebagai dasar pondasi dimasa yang akan datang. Penelitiannya ini didasarkan pada karakter bangsa yang semakin memprihatinkan, hal ini ditandai dengan maraknya tingkat kekerasan, kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba dan alkohol, dan kurangnya rasa tanggug jawab. Salah satu mata pelajaran yang terdapat di sekolah dasar yaitu pendidikan kewarganegaraan (PKn) yang didalamnya memfokuskan terhadap pendidikan moral, karakter bangsa dan norma yang berlaku di masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap peningkatan karakter tanggung jawab siswa di SD Negeri Cidadap Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi kausal. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri Cidadap Kadudampit yang berjumlah 56 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling yaitu dengan te$knik simple random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan: 1) Angket, digunakan untuk memperoleh data tentang pembelajaran PKn dan karakter tanggung jawab siswa SD Negeri Cidadap Kadudampit Kabupaten Sukabumi 2) Dokumentasi, digunakan untuk memperoleh data tentang gambaran umum SD Negeri Cidadap. Hasil reliabilitas 0,757 untuk instrumen pembelajaran PKn dan 0,797 untuk instrumen karakter tanggung jawab siswa. Data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas 0,331>0,05 maka semua variabel mempunyai nilai signifikansi lebih besar dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa kelompok data variabel X dan variabel Y berdistribusi normal. Berdasarkan uji regresi linier sederhana variabel pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel peningkatan karakter tanggung jawab siswa (Y), hal ini$ ditunjukan dengan diperolehnya nilai Fhitung yaitu sebesar 13,166 sedangkan Ftabel yaitu diperoleh nilai sebesar 4,047. Yang artinya nilai Fhitung 13,166 > Ftabel 4,047 dengan signifikansi 0,001 < alpha (0,05).

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...