Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 2 (2025): Mei

Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum Berbasis Moderasi Beragama Terintegrasi Teknologi Untuk Calon Guru

Maimun, Maimun (Unknown)
Ibrahim, Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan integrasi nilai moderasi beragama dalam pembelajaran berbasis teknologi bagi calon guru. Studi ini merupakan tahap awal (define) dari model pengembangan Thiagarajan, yang difokuskan pada pengumpulan data kebutuhan melalui survei terhadap 250 mahasiswa calon guru di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan indikator meliputi pemahaman nilai moderasi beragama, penguasaan teknologi pembelajaran, dan kebutuhan integrasi keduanya. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pemahaman responden terhadap nilai moderasi berada pada kategori sangat tinggi, namun penguasaan teknologi masih berada pada kategori sedang. Sementara itu, kebutuhan integrasi nilai moderasi dalam pembelajaran berbasis teknologi tergolong sangat tinggi. Temuan ini menunjukkan pentingnya pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang mampu menggabungkan nilai-nilai moderasi beragama dengan pemanfaatan teknologi, guna mendukung pembentukan calon guru yang moderat, adaptif, dan siap menghadapi tantangan pendidikan Abad 21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...