Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 2 (2025): Mei

Peningkatan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV dengan Menggunakan Model Teams Games Tournaments

Habsari, Arika Febriana (Unknown)
Utaminingsih, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Model atau media pembelajaran yang digunakan akan mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar siswa. Salah satunya pembelajaran yang tidak sesuai akan menyebabkan rendahnya hasil belajar. Maka, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa dengan menggunakan penerapan model Teams Games Tournaments. Pemilihan model ini dikarenakan sesuai dengan karakteristik siswa yang aktif dan mendukung terciptanya pembelajaran yang menyenangkan serta bermakna.  Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Penelitian tindakan kelas melalui empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Keberhasilan belajar siswa dilihat berdasarkan indikator ketuntasan hasil belajar yaitu dengan nilai KKTP sebesar 75. Berdasarkan penelitian diperoleh ketuntasan hasil belajar IPAS siswa kelas IV pada siklus I yaitu sebesar 66,7% dan 33,3% siswa belum tuntas dengan rata-rata nilai siswa 73,5. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil ketuntasan belajar IPAS yaitu sebesar 80,9% dan 19,1 siswa belum tuntas dengan rata-rata nilai 81,7. Hasil ini membuktikan bahwa model Teams Games Tournaments dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan siginifikan. Hal ini dikarenakan motivasi belajar IPAS siswa menjadi tinggi.  Dalam penerapan model TGT perlu adanya manajemen waktu yang baik agar tetap berjalan efektif dan efisien.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...