Muatan pembelajaran diharapkan mampu memenuhi keterampilan abad ke-21 salah satunya keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini mempunyai tujuan dalam pembelajaran yaitu menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis proyek guna membuat kemampuan peserta didik dalam berpikir kreatif pada fisika meningkat.  Materi fisika yang digunakan adalah fluida statis.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), modul pembelajaran fisika berbasis proyek, silabus, dan instrumen tes merupakan beberapa perangkat yang dikembangkan. Model 4-D yang mencakup define, design, develop dan disseminate merupakan desain penelitian yang digunakan. Tiga validator praktisi dan tiga validator ahli telah memvalidasi lembar validasi yang digunakan dalam proses pengumpulan data. Pada materi fluida statis, hasil penilaian CVI dosen ahli terhadap modul pembelajaran fisika berbasis proyek termasuk dalam kategori yang sangat baik karena menghasilkan nilai 0,91. Dengan persentase rata-rata di atas 75%, kajian CVI praktisi menghasilkan skor 1, sehingga masuk dalam kelompok baik. Hasil ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis proyek pada materi fluida statis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif layak dan dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025