Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 9 No 2 (2025): Volume 9, Nomor 2 Tahun 2025

Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Picture Card terhadap Hasil Belajar IPAS Sekolah Dasar

Amroellah, Afif (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament berbantuan media picture card terhadap hasil belajar IPAS siswa SD kelas IV di gugus 1 Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasy Experiment dalam bentuk post-test only control group desain. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa dengan jumlah kelas eksperimen yaitu 11 siswa dan kelas kontrol 21 siswa . Dari hasil tes tulis yang peneliti lakukan terdapat nilai post-test di kelas eksperimen dengan nilai tertinggi 81 dan nilai terendah 62, sedangkan nilai post-test dikelas kontrol yaitu nilai tertinggi 75 dan terendah 31. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengembangan yang signifikan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media picture card terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di gugus 1 Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Hal ini dibuktikan dari taraf signifikan sebesar 5,18591 > 2,04227. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament Berbantuan Media Picture Card berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV di gugus 1 Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...