J-SIGN (Journal Of Informatics, Information System, And Artificial Intelligence)
Vol 3, No 01 (2025): May

Pengelompokan Data Internet Gaming Disorder Menggunakan K-Means Clustering

Zainuddin, Zulikram (Unknown)
Juwita, Juwita (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Kecanduan game memberikan dampak negatif bagi kondisi fisik dan psikis kaum muda. Kecanduan game atau gaming disorder dapat diuji dengan menggunakan kuesioner. Salah satu kuesioner yang dapat digunakan adalah kuesioner 9-items Internet Gaming Disorder (IGD) oleh Lemmens. Penelitian ini mengumpulkan data hasil kuesioner 9-item IGD dari sampel pelajar tingkat sekolah menengah atas di Kota Banda Aceh sejumlah 359 data. Data tersebut kemudian dikelompokkan dengan menggunakan algoritma k-Means clustering. Pencarian jumlah kelompok (cluster) dilakukan dengan metode elbow dan metode silhouette. Hasil cluster yang didapat yaitu sebanyak 2 kelompok yang mencerminkan perilaku gaming disorder yang berbeda. Kelompok pertama mencerminkan kelompok yang telah candu bermain game sedangkan kelompok kedua masih dalam taraf normal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-SIGN

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

J-SIGN is an open access, peer-reviewed journal that will consider any original scientific article that expands the field of information technology and various other related applied computer sciences themes. The journal publishes articles of interest to information technology, researchers and ...