Jurnal Pendidikan Non formal
Vol. 2 No. 4 (2025): June

Harmoni Pancasila dan Ilmu Pengetahuan: Telaah atas Tradisi dan Inovasi di Bandung

Nurjanah, Siti (Unknown)
Prawira, Nuronia Salsabila (Unknown)
Zahra, Syifa Priscilla (Unknown)
Taufiqul Hakim, Muhammad Naufal (Unknown)
Martyana Putri, Alifa Jelita (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis proses integrasi nilai-nilai Pancasila dalam wayang golek sebagai bagian dari strategi pelestarian budaya di Bandung, serta mengeksplorasi pandangan para dalang mengenai peran seni ini dalam memperkuat identitas nasional di era globalisasi. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara sebagai metode utama pengumpulan data, karena wawancara memungkinkan diperolehnya informasi yang lebih mendalam dibandingkan metode lainnya. Selain itu, pendekatan systematic literature review (SLR) juga diterapkan untuk meninjau penelitian-penelitian sebelumnya secara terstruktur. Melalui perbandingan antara hasil wawancara dengan para dalang dan analisis literatur, artikel ini mengeksplorasi peran wayang golek dalam pendidikan karakter dan pelestarian budaya. Temuan menunjukkan bahwa pertunjukan wayang golek tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media pendidikan etika yang menginspirasi kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Wayang golek dipandang sebagai pertunjukan yang mengandung tuntunan moral dan sistem ajaran yang membentuk karakter manusia, baik secara emosional maupun metaforis. Nilai-nilai Pancasila seperti kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan, keadilan sosial, dan spiritualitas tercermin dalam alur cerita dan tokoh-tokoh wayang golek. Sebagai representasi identitas budaya Sunda, wayang golek memiliki peran penting dalam memperkuat identitas bangsa dan mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pelestarian wayang golek tidak hanya bernilai seni, tetapi juga merupakan upaya strategis dalam membangun karakter bangsa di tengah arus globalisasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Non formal ISSN 3026-7161 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of September, December, March, and June. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not ...