ABSTRAK Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui peningkatan secara signifikan hasil belajar menemukan nilai moral dalam cerpen pada siswa kelas XI MA Mazro’ilah Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan motode eksperimen semu yang dilakukan tanpa adanya kelas pembandingan. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MA Mazro’illah yang berjumlah 48 siswa. Sampel penulisan dipilih menggunakan Teknik simple random sampling dan terpilih kelas MIA 1 dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Teknik tes (tes menemukan nilai moral dalam cerpen). Data tes yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan sebesar α=0,05. Analisis hasil data dapat thitung => 9,0265 Ttabel =37,65, sehingga dapat disimpulkan kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen pada siswa kelas XI MA Mazro’illah Lubuk Linggau setelah penerapan pembelajaran discovery learning signifikan tuntas.
Copyrights © 2025