Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual pada kemampuan menulis resensi pada kelas XI MAN 2 Jakarta.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik random sampling yang membandingkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t untuk hipotesis. Hasil penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan menulis resensi pada kelas XI MAN 2 Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari thitung sebesar 12,280 > ttabel sebesar 2,0243 mampu membuktikan hipotesis penelitian (H1) bahwa model pembelajaran kontekstual dinyatakan efektif digunakan dalam kemampuan menulis resensi karena telah dibuktikan melalui hasil perolehan nilai rata-rata kemampuan menulis resensi di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kontekstual sebesar 119,5 lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan nilai rata-rata kemampuan menulis resensi di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang hanya sebesar 91,2.
Copyrights © 2024