Telah dilakukan penelitian tentang penerapan kecakapan akademik (academic skill) dalam model pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, kecakapan akademik siswa, serta respon siswa terhadap penerapan kecakapan akademik dalam model pembelajaran penemuan terbimbing pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pra-experimental design dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Khadijah Surabaya yang berjumlah lima kelas, sampel penelitian terdiri dari dua kelas experimen (X-2 dan X-3) dan satu kelas kontrol (X1). Data yang diperoleh adalah hasil pre-test, post-test, dan skor kecakapan akademik, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan statistik yang terdiri dari uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Dari analisis uji-t satu pihak diperoleh nilai thitung pada kelas eksperimen I = 7,993; eksperimen II = 9,064, adapun pada daftar distribusi t(1-0,05))(68)= 1,671. Nilai thitung>ttabel dengan kriteria pengujian –t(1-½α)(dk)
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012