Inovasi Pendidikan Fisika
Vol. 2 No. 2 (2013): Vol. 2 No. 2 Tahun 2013

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) Terhadap Penurunan ‎Miskonsepsi pada Materi Listrik Dinamis Kelas X SMAN 2 Jombang‎

Fajar, Dinar Maftukh (Unknown)
Supardi, Zainul Arifin Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2012

Abstract

Studi pendahuluan menemukan bahwa siswa kelas X SMAN 2 Jombang mengalami miskonsepsi pada materi listrik dinamis dengan topik: arus dikonsumsi oleh komponen (model konsumsi arus), perubahan komponen tidak berpengaruh pada arus komponen lain, baterai sebagai sumber arus tetap, dan arus menimbulkan adanya beda potensial. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengetahuan awal dan profil miskonsepsi pada materi listrik dinamis, serta menguji signifikansi penggunaan model pembelajaran inkuiri dalam menurunkan miskonsepsi pada materi listrik dinamis kelas X SMAN 2 Jombang. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan adalah kelas X-2 yang berjumlah 32 siswa. Sebelum dan sesudah pelaksanaan model pembelajaran inkuiri, siswa diberikan 10 soal pretes dan postes yang dilengkapi dengan kolom Certainty of Response Index (CRI) untuk membedakan siswa yang tahu konsep (TK), tidak tahu konsep (TTK), dan miskonsepsi (MK). Jumlah miskonsepsi tiap siswa pada pretes dan postes dianalisis menggunakan t-Test: Paired Two Sample for Means pada Microsoft Excel dan menghasilkan Pearson Corellation berharga negatif dan . Kesimpulan yang diperoleh adalah model pembelajaran inkuiri mampu secara signifikan menurunkan miskonsepsi pada materi listrik dinamis. Kata Kunci: miskonsepsi, Model Pembelajaran Inkuiri, Certainty of Response Index (CRI)   Abstract A preliminary study found that 10th-grade-students of SMAN 2 Jombang had misconceptions in dynamic electricity under the topics as follows: electric current is consumed by components (current consumption model), the change of components does not affect current pass through other components, batteries are the sources of constant electric current, and electric current produces potential difference. The goals of this research are to describe prior knowledge and profile of misconception in dynamic electricity, and to test the significance of inquiry learning model in reducing misconception in dynamic electricity 10th grade SMAN 2 Jombang. This research uses pre-experimental design with the form of one group pretest-posttest design. The sample used is class X-2 that amounts to 32 students. Before and after implementation of the inquiry learning model, students are given 10 items of pretest and posttest. The two tests are provided the column of Certainty of Response Index (CRI) that is used to distinguish students who know concepts (TK), do not know concepts (TTK), and have misconception (MK). The number of misconception of each student in pretest and posttest is analyzed by using t-Test: Paired Two Sample for Means in Microsoft Excel and results Pearson Correlation values negative and . The conclusion gained is the implementation of inquiry learning model is able to reduce misconception in dynamic electricity significantly.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan fisika meliputi bidang Filsafat dan Kurikulum, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan ...