Inovasi Pendidikan Fisika
Vol. 2 No. 2 (2013): Vol. 2 No. 2 Tahun 2013

Pengembangan Media E-Book Interaktif Melalui Strategi Mind Mapping pada Materi Pokok ‎Listrik Dinamis untuk SMA Kelas X

Wilujeng, Indrawati (Unknown)
Mulyaningsih, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2013

Abstract

Telah dikembangkan media e-Book interaktif melalui strategi Mind Mapping pada materi pokok listrik dinamis untuk SMA kelas X. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (four-D Models) yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun dalam penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah media e-Book interaktif melalui strategi Mind Mapping pada materi pokok listrik dinamis untuk SMA kelas X yang diujicobakan secara terbatas pada 12 siswa SMA Kelas X. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, lembar validasi, lembar observasi, lembar angket respon siswa, dan lembar tes siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan informasi tentang pendapat guru fisika, dosen, dan siswa terhadap media e-Book interaktif yang dikembangkan menggunakan instrumeninstrumen di atas. E-Book yang dikembangkan dalam penelitian pengembangan dikatakan layak apabila memperoleh persentase ≥ 61%. Hasil analisis data penelitian terhadap aspek kelayakan media diperoleh persentase sebesar 89,47%, sedangkan dari aspek kelayakan materi diperoleh persentase sebesar 94,29%. Berdasarkan angket respon siswa, media e-Book interaktif melalui strategi Mind Mapping mendapatkan persentase kelayakan sebesar 88,02%. Pemahaman siswa terhadap materi dalam media e-Book interaktif melalui strategi Mind Mapping ini sangat baik dengan nilai hasil tes semua siswa mencapai ≥75. Dengan demikian dapat diperoleh kesimpulan bahwa media e-Book interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan fisika meliputi bidang Filsafat dan Kurikulum, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan ...