Inovasi Pendidikan Fisika
Vol. 2 No. 2 (2013): Vol. 2 No. 2 Tahun 2013

Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Media Cerita Bergambar Terhadap Motivasi dan ‎Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 12 Surabaya pada Materi Pesawat Sederhana

Arisandy, Yossie Dewi (Unknown)
Anggaryani, Mita (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan media cerita bergambar terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana. LKS dalam bentuk cerita bergambar dipilih karena cerita bergambar merupakan salah satu media visual yang populer dan mampu mengembangkan daya imajinasi siswa. Siswa dapat mempelajari percobaan-percobaan sederhana dari tokoh di dalam cerita bergambar kemudian mempraktikkannya sendiri secara langsung. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran siswa di sekolah menjadi lebih bermakna. Populasi penelitian terdistribusi normal adalah 191 siswa kelas VII SMP Negeri 12 Surabaya dan sampel yang homogen diambil dari populasi sejumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi regresi sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan LKS dengan media cerita bergambar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan persentase pengaruhnya tergolong kuat yaitu sebesar 52,9%. Penerapan LKS dengan media cerita bergambar juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan persentase pengaruh yang tergolong kuat pula yaitu sebesar 67,7%.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan fisika meliputi bidang Filsafat dan Kurikulum, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan ...