MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 5 (2025): Juni

PERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DALAM PEMAHAMAN DAN PENGHAYATAN Q.S. AL-MA’UN SISWA MTs MA’ARIF NU 1 RAWALO BANYUMAS

Zidni Nur Arifah (Unknown)
Abdul Majid (Unknown)
Rifqi Aulia Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan pemahaman dan penghayatan siswa terhdapa Q.S. Al-Ma’un di MTs Ma’arif NU 1 Rawalo Bnayumas. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasilmpenelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan pendekatan kontekstual dan metode pembelajaran aktif seperti diskusi, simulasi, serte keterlibatan langsung sisea dalam kegiatan sosial. Hal ini mendorong siswa tidak hanya memahami makna ayat secara teoritis, tetapi juga menghayatinya dalam kehidupan nyata, seperti berbagai, peduli terhadap sesame, dan menjauhi perilaku berpura-pura dalam ibadah. Faktor pendukung seperti kualifikasi guru, kebijakan sekolah, dan lingkungan religius sangat membantu dalam proses pembelajaran, meskipun masih terdapat keterbatasan waktu dan kurangnya media pembelajaran. Penelitia ini menyimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru PAI berperan penting dalam membentuk karakter sosial dan spiritual siswa melalui pemahaman nilai-nilai Qur’ani.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

merdeka

Publisher

Subject

Other

Description

MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah multidisiplin yang bersifat peer-review dan terbuka. Jurnal ini terbit 6 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Fokus dan ruang lingkupnya meliputi: Ilmu Sosial, Humaniora, ...