Madaniyah: Terciptanya Insan Akademis Berkualitas Dan Berakhlak Mulia
Vol 15 No 1 (2025): Edisi Januari 2025

Konsep Pendidikan Karakter dalam Al-Quran

Sunandar, Dadan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Pendidikan karakter Islam membentuk individu yang tangguh dan mulia berdasarkan nilai-nilai tauhid (monoteisme), rasa syukur, kepercayaan, dan etika sosial sebagaimana diajarkan dalam Surah Luqman. Studi ini meneliti penerapan nilai-nilai Surah Luqman dalam merumuskan pendidikan karakter di sebuah pesantren modern sebagai dasar untuk mengembangkan kurikulum praktis yang berakar pada Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, kemudian diproses melalui kondensasi data, presentasi, dan penarikan kesimpulan. Temuan: Sekolah ini memfokuskan pendidikan karakternya pada tauhid dan rasa syukur. Melalui studi agama, dzikir harian, dan teladan dari guru, siswa dibimbing untuk mengembangkan perilaku yang saleh, rasa syukur, dan kerendahan hati. Ketaatan dan pengabdian kepada orang tua ditekankan, selaras dengan prinsip-prinsip iman. Sekolah juga menanamkan nilai-nilai seperti disiplin, kepercayaan, dan kejujuran melalui rutinitas harian dan keterlibatan organisasi. Pendekatan ini menghasilkan siswa yang bermoral baik, mandiri, dan siap menjadi teladan di masyarakat, didukung lebih lanjut oleh praktik-praktik seperti shalat berjamaah, mendorong kebaikan dan mencegah keburukan, kesabaran, dan tanggung jawab. Kesimpulan: Pendidikan karakter membentuk siswa yang religius, mandiri, bertanggung jawab, dan berintegritas yang siap menjadi teladan di masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

madaniyah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Madaniyah merupakan salah satu jurnal ilmiah dari STIT Pemalang yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan, sosial dan keagamaan. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang berkembang. Jurnal ini ...