Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 8, No 2 (2025): Juli

Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 Pendekatan Humanisme di MI Wahid Hasyim

Pujarisma, Litfia (Unknown)
Al Fani, M. Rosyid Irfan (Unknown)
Maemonah, Maemonah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Abstract: This research aims to understand "Character of Grade IV Students in the Humanism Approach Pancasila Education Subject" in order to understand how the learning process of the student is in learning Pancasila Education Humanism Approach. Humanism is a philosophy that prioritizes human values and can view that humans have things and freedom in thinking and acting. There are similarities in the actions of students that students have actually carried out, but the students do not know that the actions of the students have been included in the practice of the values of Pancasila, the Humanism Approach. The author of this article uses a case study research of a descriptive qualitative approach. The results of this study are based on the results of the researcher's interview with one of the teachers of the Pancasila Education subject in grade IV at MI Wahid Hasyim. The descriptive qualitative research in this study is based on the results of interviews. From the results of the interview, the researcher analyzed using triangulation data so that it could become a relevant data unit. The results of this study obtained that learning in the subject of Pancasila Education is a way for students to learn various things in daily life. Especially in the humanism approach, where this humanism approach is as a philosophy that can understand a person to be free to think and act.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memahami "Karakter Siswa Kelas IV dalam Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Pendekatan Humanisme" guna memahami bagaimana proses pembelajaran siswa dalam mempelajari Pendekatan Humanisme Pendidikan Pancasila. Humanisme adalah filosofi yang mengutamakan nilai-nilai kemanusiaan dan dapat melihat bahwa manusia memiliki sesuatu dan kebebasan dalam berpikir dan bertindak. Ada kesamaan dalam tindakan siswa yang sebenarnya telah dilakukan siswa, tetapi siswa tidak mengetahui bahwa tindakan siswa telah dimasukkan dalam praktik nilai-nilai Pancasila, Pendekatan Humanisme. Penulis artikel ini menggunakan penelitian studi kasus pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini didasarkan pada hasil wawancara peneliti dengan salah satu guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di MI Wahid Hasyim. Penelitian kualitatif deskriptif dalam penelitian ini didasarkan pada hasil wawancara. Dari hasil wawancara, peneliti menganalisis menggunakan data triangulasi sehingga dapat menjadi unit data yang relevan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila merupakan cara bagi siswa untuk mempelajari berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari. Terutama dalam pendekatan humanisme, dimana pendekatan humanisme ini adalah sebagai filosofi yang dapat memahami seseorang untuk bebas berpikir dan bertindak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...