Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 5 No. 2 (2025): April - June 2025

Eksplorasi Sejarah Matematika dengan Pendekatan Etnomatematika pada Bangun Geometri Arsitektur Benteng Fort Rotterdam Makassar

Talib, Ahmad (Unknown)
Putri, Melati Arvita (Unknown)
Hamin, Muhammad Nur Ihsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Etnomatematika memandang matematika sebagai produk budaya, yang tercermin dalam penerapan konsep geometri pada arsitektur tradisional maupun bangunan bersejarah. Eksplorasi ini penting untuk meningkatkan kesadaran terhadap nilai-nilai matematika yang terkandung dalam warisan budaya lokal, sekaligus memperkuat pembelajaran matematika yang bersifat kontekstual dan bermakna. Namun demikian, masih terdapat banyak aspek etnomatematika yang belum banyak dieksplorasi, salah satunya adalah pada bangunan bersejarah Benteng Fort Rotterdam di Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai matematika yang terdapat dalam bangun geometri arsitektur Benteng Fort Rotterdam Makassar dengan pendekatan etnomatematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnomatematika. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menerapkan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai bentuk geometri seperti persegi, persegi panjang, trapesium, segitiga, lingkaran, tabung dan prisma segitiga dapat ditemukan dalam struktur arsitektur benteng. Setiap bentuk tersebut tidak hanya memiliki fungsi estetis, tetapi juga fungsional dalam konsep pertahanan ketika itu. Temuan ini menunjukkan bahwa konsep matematika telah diterapkan secara praktis dalam budaya lokal masa lalu. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai referensi dalam pembelajaran matematika kontekstual berbasis budaya pada masa kini, khususnya dalam memahami konsep geometri bangun datar dan ruang melalui objek nyata dari benda-benda bersejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...