Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2025

Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media Literasi dalam Upaya Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Fitri, Lidya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar yang layak sebagai media literasi dalam upaya penanaman pendidikan karakter melalui budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) untuk siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan angket validasi. Kelayakan buku cerita bergambar yang memuat tema budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) diperoleh dari hasil uji validasi ahli materi, uji validasi ahli media, dan uji praktikalitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi memperoleh 87.5% dengan kategori sangat layak. Validasi ahli media memperoleh 88.56% dengan kategori sangat layak. Uji praktikalitas guru memperoleh 93.18% dengan memperoleh kategori sangat layak. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa buku cerita bergambar yang memuat tema budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) sangat layak digunakan sebagai media literasi dalam upaya penanaman pendidikan karakter pada siswa kelas I sekolah dasar.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...