Pesona.
Vol. 4 No. 2 (2024): Oktober 2024

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN SISWA TATA BUSANA DALAM PEMBUATAN POLA DASAR WANITA DI SMK N 3 KOTA SOLOK

Nurul Huda, Raudatul (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan keterampilan siswa Tata Busana dalam pembuatan pola dasar wanita di SMK N 3 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sifat penelitiannya korelasi atau hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII dengan jumlah 57 siswa. Sampel dalam penelitian ini seluruh populasi dipilih dengan menggunakan teknik Proporsionate Total Sampling. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini yaitu angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian perhitungan statistik dapat dilihat bahwa motivasi belajar siswa berada pada kategori baik yaitu 74,42% dan keterampilan siswa Tata Busana dalam pembuatan pola dasar wanita berada pada kategori baik yaitu dengan nilai 82,48%. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menggunakan analisis korelasi product moment diketahui bahwa koefesien korelasi antara motivasi belajar (X) dengan keterampilan siswa Tata Busana dalam pembuatan pola dasar wanita (Y) adalah 0,880 yang menunjukkan korelasi yang sangat kuat. Adanya hubungan antara motivasi belajar dengan keterampilan siswa Tata Busana dalam pembuatan pola dasar wanita dibuktikan dengan diperolehnya koefesien korelasi bernilai positif yang berarti terdapat keterkaitan atau hubungan yang positif. Korelasi yang terjadi signifikan karena di peroleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 13,7402 > 2,004 pada taraf signifikansi 5% dengan df 54. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara variabel motivasi belajar dengan keterampilan siswa Tata Busana dalam pembuatan pola dasar wanita.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pesona

Publisher

Subject

Arts Education

Description

PESONA: Jurnal Pendidikan Tata Busana adalah jurnal open-access dengan proses double-blind peer review. Double Blind Peer Review adalah metode penelaahan teman sejawat terhadap sebuah karya ilmiah yang akan dipublikasikan dalam terbitan berkala ilmiah, yang mana identitas reviewer dan penulis ...