Pesona.
Vol. 5 No. 1 (2025): April 2025

PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN JOBSHEET DAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGAMBAR DESAIN BUSANA KASUAL DENGAN APLIKASI IBIS PAINT X SMKN 1 SIJUNJUNG

NAVA SYARYANI, RISKA (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar desain busana kasual dengan aplikasi Ibis Paint SMK Negeri 1 Sijunjung menggunakan jobsheet dan video. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatis dengan bentuk quasi experiment dan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Desain. Kelompok eksperimen menggunakan video, sedangkan kelompok kontrol menggunakan jobsheet. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Tata Busana dengan jumlah 71 orang. Sampel dalam penelitian ini seluruh populasi dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah rubik penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji analisis deskriptis,uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar desain busana pada kelas kontrol adalah 76,5, sedangkan pada kelas eksperimen adalah 83,5. Uji-t menunjukkan nilai thitung 4.671 > ttabel 1,994945 dengan sig. (2-tailed) 0,000<0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, penggunaan video terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar desain busana kasual di kelas X SMK Negeri 1 Sijunjung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pesona

Publisher

Subject

Arts Education

Description

PESONA: Jurnal Pendidikan Tata Busana adalah jurnal open-access dengan proses double-blind peer review. Double Blind Peer Review adalah metode penelaahan teman sejawat terhadap sebuah karya ilmiah yang akan dipublikasikan dalam terbitan berkala ilmiah, yang mana identitas reviewer dan penulis ...