Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kinerja perawat dan stres kerja terhadap kepuasan pasien melalui kepemimpinan transformasional sebagai variabel intervening. Lokus penelitian dilaksanakan di Rumah Sakit Pertamina Pusat Jakarta. Menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dikategorikan kedalam penelitian explanatory research yang menggunakan rancangan penelitian pengujian Hyphotheses Testing. Data primer diperoleh dari hasil survei secara langsung menggunakan skala likert sebagai ukuran data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja perawat berpengaruh signifikan terhadap kepemimpinan transformasional dan kepuasan pasien; 2) Stres kerja tidak berpengaruh signifkan terhadap kepemimpinan transformasional dan kepuasanpasien; 3) Kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien; 4) Kinerja perawat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien melalui kepemimpinan transformasional; 5) Stres kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien melalui kepemimpinan transformasional. Seorang pemimpin sering kali menghubungkan perilaku bawahan dengan hasil kinerjanya secara subyektif. Mereka dianggap loyal dan patuh disebabkan oleh tidak ada tekanan yang berlebihan sehingga menjadi stres. Dengan meningkatnya kinerja pelayanannya disertai dengan perannya pemimpin yang bertransformasi, maka dampaknya akan meningkatkan kepuasan pasien.
Copyrights © 2025