Linggau Journal Science Education (LJSE)
Vol. 4 No. 1 (2024): Linggau Journal Science Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 5 LUBUKLINGGAU

Andi Priadani (Unknown)
Supriyanto (Unknown)
Ira Miyarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 5 Lubuklinggau setelah penerapan model pembelajaran Make A Match berbantuan kartu bergambar. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi dan sampel atau subyek penelitian yaitu siswa kelas VII.2 dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil penelitian diperoleh bahwa thitung = 5,42 > ttabel = 1,64, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas VII.2 SMP Negeri 5 Lubukinggau setelah penerapan model Make A Match berbantuan kartu bergambar secara signifikan tuntas dengan Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,61.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ljse

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Linggau Journal Science Education (LJSE) is an open education online journal that can be visited by friends from various institutions. Linggau Journal Science Education (LJSE) is an intermediary for publishing the results of scientific research in a wider environment. The development of the research ...