Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII.2 SMP Negeri 5 Kepahiang melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal adalah 55.54% meningkat pada siklus II mencapai 80,77%. Rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I menjadi 66,08 meningkat pada siklus II meningkat menjadi 77,65. Jika dibandingkan dengan indikator penelitian yaitu tes hasil belajar setiap siklus, hasil penelitian observasi aktivitas siswa pada siklus I adalah 69,46% sedangkan pada siklus II adalah 93,21% dan hasil penelitian observasi aktifitas guru pada siklus I dengan rata-rata 3,76 menjadi 3,82 sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 3,88 menjadi 3,94, maka penelitian ini dianggap berhasil.
Copyrights © 2023