Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE)
Vol. 2 No. 3 (2025): April

PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI PADA PT ADIRA DINAMIKA MULTIFINANCE TBK

Siti Nur'aidawati (Unknown)
Ifa Nurmasari (Unknown)
Murtiani, Murtiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap peringkat obligasi PT Adira Dinamika Multifinance Tbk selama periode 2012–2021. Fokus utama dari studi ini adalah menilai apakah ketiga variabel keuangan tersebut memiliki kontribusi signifikan dalam mempengaruhi keputusan pemeringkatan oleh lembaga pemeringkat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan data sekunder dari situs www.idnfinancial.com. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda dan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26.0 untuk menguji hubungan parsial maupun simultan dari variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial, leverage (DER), dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap peringkat obligasi karena nilai t-hitung masing-masing variabel lebih rendah dari t-tabel dan signifikansi di atas 0,05, untuk profitabilitas (ROA) berpengaruh terhadap peringkat obligasi namun tidak signifikan. Sedangkan secara simultan, dari ketiga variabel  mempunyai pengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi, dimana F-hitung sebesar 4,487 > F-tabel 2,87 dan signifikansi menunjukkan 0,009 < 0,05. Koefisien determinasi (R²) bernilai 21,2% memperlihatkan bahwa model bisa menjelaskan sebagian variasi peringkat obligasi, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya selain cakupan penelitian. Kata Kunci : Peringkat Obligasi, Profitabilitas, Leverage, Skala Usaha

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE) is a national journal as a scientific study media results of research, thinking, and critical-analytical studies on research in the fields of marketing management, financial management, SDM management, operations/production management, ...